RETREAT PERMATA

RETREAT PERMATA GOLGOTHA

GBKP RG KM 8

25-26 Oktober 2008

“Antara Kau, Aku, dan DIA”

(Yeremia 32:39)

TRAINING CENTRE SAYUM SABAH




Sebagaimana yang telah diprogramkan dalam Program Kerja Permata Golgotha GBKP km.8 Padang Bulan Medan. Maka ditetapkanlah Retreat Permata yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2008. Adapun tujuan dari Retreat Permata saat ini adalah untuk menjalin keakraban seluruh permata dan memberikan pengetahuan umum berdasarkan Firman Tuhan mengenai Sahabat dan Teman hidup. Dengan Thema yang ditetapkan “Antara Kau, Aku dan DIA” dengan thema pendukung Yeremia 32:39 maka dibuat 2 session dimana session permata membahas karakter aku dan dia dan pada Session kedua siapakah “orangnya”?. Retreat ini berlansung sesuai dengan harapan dimana setiap rencana dan kegiatan dapat berlangsung dengan baik.

Adapun bentuk acara:

JADWAL ACARA

RETREAT PERMATA GOLGOTHA

SABTU-MINGGU / 25-26 OKTOBER 2008

Hari

Pukul

Keterangan

Pembicara

PJ

Petugas

S

A

B

T

U

15.00-15.30

Registrasi

Novita

15.30-16.15

Keberangkatan

Putra

16.15-16.30

Pola Tehnik

Elita

16.30-17.00

Persiapan Pribadi

Pemimpin Kamar

17.00-18.00

Ibadah Pembuka

Pdt. Tanda Pinem

Heri

MC: Novita

BV : Junedi, Elivina, Rosa

18.00-19.00

Makan Malam

Suhendri

19.00-2130

Session I

“Aku adalah …..”

Pdt.Krismas Barus

Junedi

MC: Nency

BV : Novita, Ika, Dariani

21.30-21.45

Break

Suhendri

21.45-23.30

Api Unggun, Kebersamaan dan Ibadah Malam

Hery

MC : Elita

23.30-05.30

Bobok Yukk….!

Pemimpin Kamar

M

I

N

G

G

U

05.30-06.00

Saat Teduh

Pemimpin Kamar

06.00-07.00

Persiapan Pribadi

Pemimpin Kamar

07.00-08.00

Sarapan

Suhendri

08.00-10.30

PA Gabungan

Putra

MC: Elita

BV : Bella, Novita, Junedi

10.30-11.00

Break

Novita

11.00-13.00

Session II

“Ise Nge Ndia”

Pt. Drs. Budianto Ginting

Junedi

MC: Elvina

BV: Eva Melia, Ika, Junedi

13.00-14.00

Makan Siang

Suhendri

14.00-15.30

Ibadah Minggu

Pdt. Christmas Barus

Novita

MC:Rika Marisa

BV : Bella, Thomas, Elita

15.30-17.00

Menikmati Alam

Elita

17.00-17.30

Kesan Pesan + Hadiah

Novita

17.30-17.45

Persiapan Pulang

Pemimpin Kamar

18.00-19.00

Keberangkatan Pulang

Putra

“ISE NGE NDIA”

Sasaran :Agar setiap Permata tahu bagaimana mencari dan mendapat seorang Teman Hidup yang sesuai dengan Kehendak Tuhan.

(oleh : Pt. Drs. Budianto Ginting,SE)

Penjelasan :

Keputusan untuk menentukan Teman Hidup bagi seseorang adalah suatu keputusan yang sangat penting dan tidak boleh dianggap main-main. Dimana kesalahan seseorang didalam menentukan/memilih teman hidup akan mempengaruhi kehidupannya. Didalam kehidupan anak-anak ada 2 (dua) keputusan yang penting :

1. Keputusan untuk menerima atau menolak Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi.

2. Keputusan didalam memilih Teman Hidup (TH).

Mengapa memilih Teman Hidup itu Penting ?

1. Kesalahan memilih teman hidup akan menimbulkan penderitaan dalam hidup seseorang serta merusak rencana Tuhan bagi hidup kita. Pernikahaan orang Kristen adalah pernikahan kekal dimana suami dan istri saling mempersatukan diri (mark 10:7-9) serta pernikahan adalah perjanjian atau kontrak yang tidak dapat dibatalkan serta yang mengikat bagi laki-laki dan perempuan (Maleakhi 2:14 dan Amsal 2:17)

2. Pernikahan sempurna 2 helai kertas yang dipertemukan dengan lem, jika dipisahkan akan ada yang koyak. Suami-istri akan mempengaruhi kehidupan satu dengan lainnya.

Ada 2(dua) hal pokok yang menjadi kehendak Allah pada waktu Ia menciptakan manusia yaitu :

1. Panggilan Pro Kreasi yakni Beranak cuculah, penuhilah bumi (Kej 1:28; 9:1,7)

2. Panggilan Budaya yakni mengusahakan dan memelihara taman eden (Kej 2:15) atau bekerja.

Bekerja adalah suatu panggilan norma dan baik demikian juga dengan panggilan untuk menikah. Pilihan memiliki profesi (bekerja) tergantung dari diri kita demikian juga dengan Teman Hidup (pernikahan), Tuhan ingin kita menikah tetapi dengan siapa kita menikah adalah pilihan kita sendiri.

Mendapatkan seorang istri atau suami adalah sesuatu yang baik dan berkenan kepada Allah (Ams 18:22) dan sama bila kita mendapatkan pekerjaan atau posisi yang baik kita katakan anugerah dari Tuhan, maka jika kita mendapatkan istri-suami yang baik maka itu juga adalah Karunia Tuhan (Ams 19:14).

Prinsip-prinsip mencari Teman Hidup yang sesuai Kehendak Tuhan :

Didalam bekerja Tuhan hanya memberikan prinsip-prinsip dasarnya bagi anak-anak tuhan misalnya pekerjaan itu baik (Efesus 4:28) dilakukan dengan segenap hati (Kol 3:23), taat pada aturan (Mat 22:21), tetapi apa jenis pekerjaannya itu adalah pilihan kita masing-masing yang disesuaikan dengan bakat, kesukaan, pendidikan atau ketrampilan masing-masing. Demikian juga halnya dengan memilih Teman Hidup,Tuhan hanya memberikan prinsip-prinsip dasar tetapi siapa orangnya adalah pilihan kita sendiri. Prinsip-prinsip dasar yang Tuhan berikan sangat berguna bagi kita untuk mendapatkan pasangan yang bersamanya kita dapat hidup bahagia selamanya seumur hidup kita.

Prinsip-prinsip dasar yang Tuhan berikan adalah sebagai berikut :

1. Pasangan Seiman

Jika kita ingin hidup bahagia carilah hidup yang seiman, bukan hanya segereja atau seagama tetapi juga seiman, karena ada juga orang-orang Kristen yang tidak beriman. “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tidak percaya….. (II Kor 6:14). Istri terikat selama suaminya hidup, kalau suaminya telah meninggal ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya (I Kor 7:39).

2. Pasangan Yang Sepadan

Ketika Tuhan menciptakan hawa, Ia menciptakan pasangan yang sepadan bagi Adam ( Kej 2:18). Kata sepadan juga dapat diartikan “seimbang” artinya pasangan suami-istri itu akan lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi jika keduanya seimbang. Seimbang dalam hal latar belakang sosial ekonomi, pendidikan, kecerdasan, usia, karakter, humor dan lain sebagainya. Sekalipun ini tidaklah mutlak namun ini akan menjadi faktor penunjang yang sangat berarti.

3. Saling Mengasihi

Hal lain juga yang sangat penting adalah saling mengasihi diantara kedua pasangan, sama halnya seperti Ishak mengasihi Ribka (kej 24:67). Kasih yang diperlukan bukan sembarangan kasih melainkan kasih kristus yang mau menerima pasangannya sebagaimana adanya, mau mengampuni, rela melayanan, rela berkorban dan memberi rasa aman (Efesus 5:25). Setiap pasangan harus belajar untuk saling merendahkan hati satu terhadap yang lain 9Efesus 5:21) karena tidak ada yang sempurna didunia ini.

4. Satu Pria dan satu Wanita

Pernikahan yang dikehendaki Allah adalah pernikahan yang monogamy, antara seorang pria dengan seorang wanita. Pernikahan monogamy tidak hanya berlaku bagi para pemilik jemaat atau diaken (I Tim 3:2, 12 dan titus 1:6) tetapi juga berlaku pada semua orang percaya. Ketika Firman Tuhan mengatakan : “….sehingga keduanya menjadi satu daging….” Ini harus dimaknai sebagai “hanya dua orang saja dan tidak ada orang ketiga”. Roma 7:2-3 cukup jelas menerangkan bahwa kepada orang percaya prinsip satu pria terikat hanya kepada satu istri, kecuali salah satu dari mereka telah meninggal (I Kor 7:27).

Didalam Alkitab tentu kita pernah mendengar cerita tentang Abraham yang telah tua dan telah lanjut umurnya (Kej 24:1), dimana ia merindukan agar anaknya Ishak memiliki teman hidup (pasangan hidup).ada beberapa prinsip yang Abraham sampaikan kepada hambanya yang sangat dipercayai (Kej 24:2) antara lain :

1. Tidak mengambil untuk Ishak seorang istri dari perempuan kanaan (perempuan yang tidak mengenal atau menyembah Allah) .

2. Hamba itu harus pergi mencari ke negeri Abraham dan kepada keluarga Abraham.

Kejadian 24:16 menceritakan bagaimana Allah mempertemukan hamba tersebut dengan seorang perempuan yang bernama Ribka yang lahir dari Betuel, anak laki-laki Milka, Istri nahor saudara Abraham. Bahkan pada Kejadian 24:50 dikatakan oleh Laban dan Betuel bahwa semuanya kejadian itu datang dari Tuhan.

Gallery

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: