Makna Terang Natal

Salah satu hal berkenaan dengan Natal adalah banyaknya lampu-lampu yang akan Anda lihat menghiasi pusat keramaian kota. Seolah-olah Natal akan menerangi seluruh dunia.

Namun ada hal yang menarik tepat tiga hari sebelum malam Natal, yaitu tepat pada tanggal 21 Desember adalah hari dengan siang terpendek di belahan bumi utara. Menarik sekali bahwa Natal terjadi pada waktu tergelap di dunia, dimana Tuhan mengirimkan Anak-Nya yang Tunggal untuk menerangi seluruh dunia. Terang adalah sesuatu yang penting sepanjang Alkitab.

Bahkan sebenarnya dalam malam Natal pertama, yaitu pada peristiwa kelahiran Yesus 2000 tahun yang lalu, para malaikat memberikan terang kemuliaan Tuhan kepada siapa mereka menampakkan dirinya. Para gembala melihat terang tersebut dan mereka pergi ke palungan untuk menyembah Raja segala raja yang baru lahir.

Orang-orang Majus melihat terang yang lain di langit. Mereka mengikuti terang tersebut dan mereka pergi ke Bethlehem, dengan petunjuk terang bintang tersebut. Jadi Anda bisa lihat bahwa Terang merupakan topik penting dalam Alkitab.

Yesus juga dengan jelas mengatakan dalam Yohanes 12:46 , “Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan”.

Prinsip-prinsip yang ada di dalam dunia nyata seringkali juga sama terjadi dalam perkara rohani. Mari kita mengingat kembali apa yang Anda pelajari di Sekolah Dasar tentang terang:

1. Terang Lebih Besar Dari Kegelapan

Waktu sinar matahari bersinar di pagi hari maka ruang tidur Anda juga menjadi terang. Anda pasti tidak pernah masuk kamar lalu menghidupkan saklar dan berkata, “Mari hidupkan kegelapan di sini!” Tidak! Terang mengusir kegelapan. Anda menyalakan lampu dan kegelapan harus pergi.

Tuhan adalah terang dan Dia lebih besar dari penguasa kegelapan. Saya tidak peduli apa yang setan coba lakukan dalam kehidupan Anda, Tetapi “Roh yang ada di dalam diri Anda lebih besar dari roh yang ada di dalam dunia ini!”

2. Terang Memberikan Visi

Anda belajar di sekolah bahwa tanpa terang Anda tidak mungkin bisa melihat. Kalau Anda masuk ruangan yang gelap, Anda bisa menabrak perabotan yang ada di situ, kalau di situ tidak ada terang. Dan waktu Tuhan masuk ke dalam kehidupan Anda, maka hal pertama yang Dia kerjakan adalah memberikan impian dan visi lewat Roh Kudus-Nya.

Dalam roh Anda, dalam pikiran Anda…ada sesuatu yang meneranginya. Anda mulai bisa melihat masa depan: Anda menjadi orang Kristen yang berhasil dan berkemenangan.

3. Terang Memberikan Kehidupan

(Tanpa terang maka mustahil ada kehidupan di dunia ini.) Terang yang berasal dari matahari membuat bumi menjadi cukup hangat untuk didiami. Sinar matahari membuat pepohonan bertumbuh, tumbuhan bisa berbuah. Tumbuhan bisa menghasilkan oksigen. Makhluk hidup ini pada gilirannya menghasilkan minyak bumi, batu bara yang menjadi sumber energi kita.

Dengan cara yang sama, terang Tuhan memberi kita kehidupan. Dia dikenal sebagai “Roh Kehidupan”. Waktu Anda mendapatkan terang Tuhan di dalam kehidupan Anda, maka Anda mendapatkan kehidupan, kekuatan dari Roh Kudus, energi dari Roh Kudus serta hidup berkelimpahan yang Yesus sediakan.

4. Terang Berasal Dari Benda-Benda Yang Menghasilkan Panas

Misalnya seperti matahari, lilin yang sementara menyala serta bola lampu. Terang Tuhan juga menghangatkan kita karena Tuhan mengasihi kita dengan sungguh-sungguh, kasih yang hangat pada kita. Kasih Tuhan itu seperti infra merah.

Anda tidak bisa melihat sinar infra merah, tetapi Anda bisa merasakan kehangatannya. Kita mungkin tidak bisa melihat Tuhan, tetapi kita bisa merasakan kehangatan kasih-Nya waktu hadirat-Nya membungkus kehidupan kita. Kasih-Nya menghangatkan kita dan membungkus kehidupan kita.

Sama seperti terang dihasilkan waktu batu api mengalami agitasi, waktu kita dibakar oleh kasih di dalam kehidupan kita maka kita akan mulai bersinar seperti bintang di langit!

5. Terang Merambat Dengan Cepat Dan Menembus Ruang Hampa

Terang / cahaya merambat lebih cepat dari suara. Contohnya waktu ada kilat, maka akan kelihatan kilatan cahaya dahulu baru beberapa detik kemudian terdengar suara guruhnya. Terang / cahaya merambat dengan cepat. Dan semakin hampa, semakin hampa ruang yang ada maka kecepatannya akan makin tinggi.

Tuhan adalah terang. Terang itu dapat mengisi kekosongan dalam kehidupan Anda, waktu ada masalah dalam kehidupan Anda, waktu tangki cinta Anda kosong. Dan Anda bertanya-tanya, “Tuhan di manakah Engkau?” Maka pada waktu itu Tuhan akan menghampiri Anda seperti kecepatan cahaya! Tuhan mengasihi Anda, dan Tuhan ingin dekat dengan Anda.

6. Terang Terdiri Dari Tujuh Warna

Kita belajar di sekolah, kalau terang / cahaya jatuh di sebuah prisma, maka akan terdispersi menjadi tujuh warna yang indah.

Warna seperti pelangi, yang berbicara tentang covenant dari Tuhan. Waktu Anda melewati masa-masa yang sukar, mungkin seperti yang dialami beberapa Anda pada pagi ini.

Maka Tuhan seperti tujuh warna yang indah, memiliki tujuh nama perjanjian :
JEHOVA JIREH Tuhan yang menyediakan segala kebutuhanku.
JEHOVA RAPHA Tuhan adalah penyembuhku.
JEHOVA NISSI Tuhan panjiku, yang memberi kemenangan.
JEHOVA ROHI Tuhan gembalaku. Dia menuntunku ke padang yang berumput hijau.
JEHOVA SHAMMAH Tuhan yang senantiasa menyertaiku.
JEHOVA TSIDKAINOO Tuhan adalah kebenaranku.
JEHOVA M’KADESH Tuhan yang menyucikanku.

Dengan demikian kita telah sama-sama membuktikan keterkaitan yang erat antara makna Natal dengan fungsi Terang. Bagaimana? Maukah Anda menjadi terang itu sendiri di momen Natal ini, dan ingat seperti sepotong lirik dari lagu natal berjudul “Terang” yang diciptakan dan dinyanyikan oleh penyanyi Glenn Fredly, “Jadilah Terang…Jangan di tempat yang terang”.

Sumber: Ps.Daniel PM www.jawaban.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: