Valentine

Valentine, Hari Kasih Sayang Dunia

Sebuah produk coklat melakukan promo khusus dibulan Februari ini. Saat ini coklat, hati dan warna pink menjadi ciri khusus bulan Februari. Pada tanggal 14 Februari merupakan hari kasih sayang atau yang lazim disebut Valentine’s Day, sekalipun asal muasal hari ini tidak jelas, tapi perayaan Valentine telah menjadi sebuah budaya yang mendunia.

Menurut legenda, perayaan Valentine bermula dari perayaan orang Yunani kuno. Pada pertengahan bulan Januari hingga pertengahan bulan Februari merupakan bulan Gamelion yang dipersembahkan kepada pernikahan Dewa Zeus dan Hera. Sedangkan di Roma kuno, 15 Februari merupakan hari raya Lupercalia. Sebuah perayaan Lupercus, yaitu dewa kesuburan.

Namun pada sisi lain, berdasarkan cerita yang di tarik dari Ensiklopedia Katolik, perayaan valentine ini merujuk kepada tiga martir atau santo. Ketiga martir itu adalah seorang pastur di Roma, seorang uskup Interamna dan seorang martir di provinsi Romawi Afrika.

Koneksi antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantis ini juga tidak jelas. Namun Paus Gelasius I, pada tahun 496 menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari peringatan St.Valentinus. Ada rumor yang menyatakan bahwa hal ini sengaja dilakukan oleh Paus Gelatius I untuk mengganti kebudayaan perayaan hari raya Lupercalia pada tanggal 15 Februari.

Saat ini, perayaan hari valentine bukan hanya menjadi kebudayaan bangsa barat tapi sudah menjadi kebudayaan yang mendunia. Hari valentine saat ini menjadi saat dimana “Kasih sayang” menjadi barang obralan. Cinta muda-mudi semakin membara mendekati hari yang penting bagi mereka yang sudah berpasangan, masing-masing sibuk untuk mempersiapkan hadiah untuk diberikan kepada pasangannya.

Berikut beberapa komentar tentang arti hari Velentine berdasarkan jajak pendapat di Yahoo Answer:

Valentine menurut dolphin adalah hari dimana para cewe or cowo memberi sesuatu kepada orang yang di sayangi tapi ga mesti pacar kok, bisa aja ke temen atau ke ortu yach kesiapa aja cih…. (Dolphin)

Menurut orang luar sana, hari kasih sayang. Dimana orang-orang pada sibuk ngungkapin rasa sayang ama kekasih, ortu, temen, sodara, atau siapa aja dengan tanda mata, bunga, coklat atau bahkan kado mahal (seperti mobil, atau barang-barang elektronik, …ada juga sich yg merayakannya dengan cara yg sederhana dan penuh makna)!

Menurut saya, defenisi valentine is wasting money…alias buang-buang duit, nambahin kekayaan tukang jualan bunga dan tukang jualan coklat! Hari kasih sayang, kenapa harus pas Valentin saja, bisa juga setiap hari ngungkapin rasa sayang. Dan lagian dalam menunjukkan rasa tersebut, haruskah dengan materi/kado? (AB Girl)

Hari Valentine adalah sebuah hari yang mengajak/mengingatkan kita untuk saling mengungkapkan rasa kasih sayang kita kepada yang lain; baik itu pacar, teman, saudara, ortu,tetangga, kenalan dsb. Karena banyak manusia yang sudah tidak ingat dan tidak punya waktu untuk mengungkapkan rasa kasih sayang itu. Tentang bagaimana merayakan terserah masing-masing pribadi. (Bagus S)

Nyatakanlah kasih, karena dalam Amsal 27:5 berkata, “Lebih baik teguran yang nyata dari pada kasih yang tersembunyi.” Dunia ini akan melihat siapa diri Anda, dari apa yang Anda berikan. Jika Anda menyatakan kasih yang tulus, mereka akan melihat apa yang memotivasi Anda.

Mungkin ada baiknya pada bulan Februari yang berbau kasih sayang ini, setiap orang kembali melihat dengan baik arti “Kasih” yang sesungguhnya. Benar, bahwa kasih bisa dinyatakan dengan pemberian, dan ada kasih yang begitu besar yang telah diberikan kepada manusia. Kasih yang Tuhan nyatakan dengan memberikan Anak-Nya yang tunggal agar setiap orang yang mau menerima-Nya diselamatkan. Kasih yang bukan hanya dapat dirasakan sesaat, tetapi kasih yang menyelamatkan dan membawa kehidupan yang kekal. Tuhan adalah kasih adanya (1 Yoh 4:8), tanpa Dia, kasih yang ada hanyalah semu. Sudahkah Anda menerima kasihNya?

Sumber >> www.jawaban.com

 
 
ARSIP
 
Valentine
 
   
     
Copyright©2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: